Laman

Senin, 25 Februari 2013

MAKANAN & MINUMAN KHAS KOREA SELATAN YANG PALING ISTIMEWA


Hello everyone!! 안녕하세요 여러분!! Annyeonghaseyo yeoreobun!! :D
Chingu, kali ini aku akan share tentang makanan khas Korea yang wajib kalian coba!!!
Sebenarnya, ada banyak makanan khas Korea yang ingin aku coba langsung di Korea. Tetapi yang akan aku share sekarang adalah 3 jenis makanan yang benar-benar ingin aku coba langsung di Korea sana.

1. KIMCHI


Mengapa aku memilih Kimchi sebagai salah satu makanan Korea yang ingin aku coba?
Setiap orang yang berbicara tentang Korea pasti tahu  dong ikon makanan Korea???
Jadi, jika kalian pergi ke Korea kalian harus mencoba masakan Korea yang disebut Kimchi …
Kimchi adalah salah satu makanan khas yang juga merupakan masakan tradisional dari Korea.
Makanan ini terdiri dari sayuran seperti kol dan lobak yang dikombinasikan dengan bumbu yang lain ..
Nah, kemudian apa yang membuatku ingin mencoba masakan ini langsung di Korea?
Alasannya yaitu…….
Meskipun di negara lain banyak Restoran Korea yang menyediakan Kimchi, tapi itu akan berbeda apabila kita mencobanya langsung di tempat aslinya, Korea. Semuanya dijamin berbeda, mulai dari rasa asli Kimchi tersebut hingga suasana asli Korea yang membuatnya semakin berbeda.
Maka dari itu, apabila kita pergi ke Korea menu Kimchi merupakan menu wajib yang harus dicoba dan jangan sampai terlewat ya chingu :)
Nah ternyata Kimchi juga ada berbagai macam loh chingu…
Ini dia jenis-jenis Kimchi yang bisa kita coba :
  • Nabak Kimchi

Kimchi ini dibuat dengan sawi putih dan lobak serta dengan saus sedikit manis dan pedas. Kimchi ini juga biasanya disajikan dengan nasi.
  • Dubu Kimchi

Dubu Kimchi ini terbuat dari tahu. Dan ternyata Kimchi ini juga sangat disukai oleh masyarakat Korea, khususnya selama musim dingin.
  • Jjigae Kimchi

Kimchi jjigae ini sangat populer di Korea. Selain orang Korea asli, ternyata orang asing juga menyukainya.
Bedanya dengan yang Kimchi yang lain yaitu kimchi ini biasanya tidak terlalu banyak saus dan disajikan dengan ikan tuna kalengan atau daging babi. Bahkan tanpa daging, Kimchi jjigae ini juga cukup lezat karena sudah dibumbui terlebih dulu. Kimchi ini rasanya sedikit asin dan pedas sehingga cocok disajikan dengan semangkuk nasi putih.
Yaaaaa, itu beberapa jenis Kimchi di “Negara Ginseng”, Korea ….
Semakin ingin mencoba semua Kimchi ini langsung di Korea, bukan?
2. SAM GYUP SAL

Karena aku merupakan fans berat 2PM jadi saya ingin mencoba salah satu makanan favorit anggota 2PM,Nichkhun. Dan makanan favorit Nichkhun adalah Sam gyup sal. Aku penasaran bagaimana yah rasanya???
Karena saya belum pernah mencoba makanan ini sebelumnya, jadi apabila aku pergi ke Korea, aku akan mencoba makanan ini untuk pertama kalinya di tempat asalnya, Korea. Selain itu, menurutku cara penyajian makanan ini juga unik karena aku bisa memanggang dagingnya sendiri dan itu memberikan pengalaman tak terlupakan.
Semua itu akan menjadi pengalaman berharga dalam hidupku!!!! :D
Mencoba Sam Gyup Sal secara langsung di Koreaaaa……
3. DDUKBOKKI

Makanan khas Korea lainnya yang juga ingin aku coba langsung di Korea yaitu Ddukbokki :D
Mengapa? Karenaaa…
Ketika aku menonton 2PM show, mereka memasak Ddukbokki dan terlihat sangat lezattttt…
Kemudian aku berpikir, makanan ini sangat menggiurkan apalagi disajikan dengan ikan, berbagai macam sayuran dan bumbu khas Korea yang membuatnya semakin lezat…slurpppp

 4. Bulgogi



Bulgogi (bahasa Korea: 불 api, dan 고기 daging) adalah masakan daging asal Korea. Daging yang digunakan antara lain daging sirloin atau bagian daging yang bagus dari seekor sapi.

Bumbu bulgogi adalah campuran kecap asin dan gula ditambah bumbu lain bergantung pada resep dan daerahnya di Korea. Sebelum dimakan, daun selada digunakan untuk membungkus bulgogi bersama kimchi, bawang putih, atau penyedap lain sesuai selera.

Di Jepang, makanan yang sejenis disebut Yakiniku. Dibandingkan dengan Yakiniku, bumbu daging untuk bulgogi dibuat lebih manis. Air pada bumbu cukup banyak sehingga daging tidak dipanggang di atas plat besi (teppan), melainkan di atas panci datar

5.Bibimbap

Bibimbap atau Bibimbab adalah makanan Korea berupa semangkuk nasi putih dengan lauk di atasnya berupa sayur-sayuran, daging sapi, telur, dan sambal gochujang. Namanya secara harafiah berarti "nasi campur" dari kata 비빔 (campur) dan 밥 (nasi). Sebelum dimakan, nasi dan lauk diaduk menjadi satu.

Bibimbap yang dihidangkan dalam mangkuk dari batu yang sudah dipanaskan disebut Dolsot Bibimbap (돌솥 비빔밥, "dolsot" berarti "mangkuk batu"). Panas dari mangkuk batu akan mematangkan telur mentah yang diletakkan di atas nasi sebagai lauk. Sebelum nasi dimasukkan, minyak wijen dituangkan di dasar mangkuk batu agar terbentuk lapisan kerak nasi yang harum dan garing di dasar mangkuk

6. gimbap


Gimbap atau kimbap adalah makanan ringan khas Korea yang sangat digemari.[1] Gimbap dibuat dari nasi yang digulung dengan rumput laut kering yang disebut gim. Isi dari gimbap dapat bermacam-macam, seperti daging, sosis atau omelet. Gimbap dipotong menjadi ukuran kecil dan disajikan dingin, biasanya disajikan dengan danmuji dan kimchi.

Bahan dasar gimbap adalah nasi, daging, sayuran yang diacar atau yang masih segar. Secara tradisional nasi dibumbui dengan garam dan minyak wijen atau minyak perilla. Isinya pun beragam, mulai dari ikan (dalam bentuk fish cake), daging kepiting, telur atau daging iga sapi yang dibumbui. Sedangkan bahan sayuran adalah ketimun, bayam, wortel dan danmuji.

Gimbap dipilih sebagai makanan terfavorit dari 100 jenis masakan Korea oleh orang asing.[2] Mingguan terbesar Kanada, straight.com menulis artikel tentang gimbap dan membandingkannya dengan sushi dengan judul Korean kimbap rolls out of sushi's shadow.[3] Artikel itu juga menuliskan komentar: "No need for soy sauce, wasabi, or pickled ginger: kimbap stands alone. It's a star waiting to be discovered

7. Soju


Soju adalah minuman distilasi asal Korea. Sebagian besar merek soju diproduksi di Korea Selatan. Walaupun bahan baku soju tradisional adalah beras, sebagian besar produsen soju memakai bahan tambahan atau bahan pengganti beras seperti kentang, gandum, jelai, ubi jalar, atau tapioka (dangmil). Minuman ini bening tidak berwarna dengan kadar alkohol yang berbeda-beda, mulai dari 20% hingga 45% alkohol berdasarkan volume (ABV). Kadar alkohol yang paling umum untuk soju adalah 20% ABV.

Jinro adalah produsen soju terbesar di Korea. Pada tahun 2007, Jinro menjual lebih dari 72 juta krat soju.[1][2





8. tteok
Tteok adalah penganan atau kue asal Korea yang dibuat dari serealia, terutama beras atau ketan. Bahan dan cara pembuatan berbeda-beda menurut wilayahnya di Korea. Tteok juga dibuat sebagai kue yang rasanya manis dalam berbagai variasi rasa untuk hari-hari perayaan musim, termasuk perayaan tahun baru Korea.

Walaupun dimasak, tteok yang dibuat dari beras tidak menjadi liat sehingga dipakai untuk berbagai masakan tumis dan goreng. Tteok berbentuk batang (silinder) yang dimasak bersama gochujang dan gula pasir disebut tteokbokki. Selain tteokbokki, pojangmacha juga menjual tteok yang digoreng bersama sayuran. Tteok juga dimasukkan ke dalam berbagai masakan seperti dak galbi (galbi daging ayam). Tteokguk adalah makanan tahun baru Korea berupa tteok yang dimasak menjadi sup bersama daging sapi atau daging ayam. Bumbu sup adalah kecap asin, garam dapur, dan bawang putih.

Tteok yang dimakan sebagai kue dibuat dari ketan dengan madu atau gula sebagai pemanis. Sebagai perisa ditambahkan antara lain sejenis labu parang, kacang hijau, kacang azuki, atau wijen.

Berdasarkan cara pembuatannya, tteok terdiri dari tteok yang dikukus, ditumbuk, direbus, atau ditumis. Tteok tradisional dibuat dengan cara dikukus dan disebut sirutteok (시루떡). Alat pengukus yang disebut siru (시루) dibuat dari tembikar.[1]

9. Jeongol

Jeongol adalah makanan Korea berupa berbagai sup yang direbus di dalam panci besar, dan dihidangkan di tengah-tengah meja untuk dimakan bersama. Dibandingkan dengan jjigae yang hanya berisi satu jenis bahan utama, bahan untuk isi jeongol biasanya jauh lebih beragam.[1] Berbeda dari jjigae yang bermula dari makanan rakyat, jeongol seperti halnya gujeolpan bermula dari makanan untuk kalangan bangsawan atau anggota keluarga kerajaan.

Makanan ini biasanya berisi irisan daging sapi, jeroan, berbagai jenis makanan laut, dan ditambah berbagai jenis sayuran, jamur, dan bumbu-bumbu lain. Semua bahan direbus bersama di dalam panci dangkal untuk memasak jeongol yang disebut jeongolteul (전골틀). Makanan ini umumnya dibuat pedas karena diberi bumbu gochujang dan bubuk cabai. Selain itu, jenis kaldu yang digunakan untuk merebus bergantung kepada bahan utama yang menjadi isi sup
10. GUJEOLPAN



Gujeolpan berarti "Piring yang Terbagi Sembilan", ini terdiri atas beberapa sayuran dan daging yang disajikan dalam lapisan panekuk. Biasa disajikan saat perayaan dan pernikahan.

11. SINSEOLLO



Adalah sup rebusan berisi sayur-sayuran dan bakso daging dalam panci.

12. GALBI



Galbi adalah masakan khas Korea yang terbuat dari daging iga sapi dan iga babi. Cara masakannya dipanggang di atas bara arang. Dengan bumbu yang simple, seperti kecap asin dan minyak wijen dengan cocolannya saus tiram. Masakan ini biasanya disajikan pada musim dingin dan musim gugur.

13. Es Campur Khas Korea

Super Junior Fullhouse *tapi gw lupa eps berapa. Author KyuRin juga lupa..*. Nama minuman itu sendiri adalah Pat-Bing-Soo. Pat-Bing-Soo sendiri adalah minuman khas Korea yang katanya cukup enak. Kalo di Indonesia sendiri, Patbingsu ini mirip ama es Campur kali ya?
Pat-Bing-Soo
Gw ngiler ngeliatnya. disini panas bok.. pingin gw embat tu patbingsu.. :P Pingin buat? ni resepnya…
BAHAN :
  1. 200g es batu
  2. 50g Fruit Cocktail yang di kaleng
  3. 1/2 gelas susu manis yang kental
  4. 1/4 gelas susu cair yang tawar
  5. sedikit kue beras kentan atau moci
  6. buah cheri ( bisa strawberry atau kiwi )
  7. 30 g kacang merah. Ada juga yang menjualnya dalam bentuk kalengan.
  8. 30 g gula pasir
  9. Garam secukupnya.
CARA MEMBUAT:
  1. Bersihkan kacang merah, terus rebus dalam air yang cukup banyak. Kalau kacang merah menjadi lunak, lalu masukkan gula pasir dan garam dan masak sampai airnya habis. Mungkin seperti halnya ketika kita membuat bubur kacang hijau.
  2. Tuangkan susu cair ke dalam mangkuk es krim dan masukkan es yang digiling halus.
  3. Tuangkan susu manis lalu aturlah kacang merah, fruit coktail, dan kue beras kentan di atas es. Hiaslah dengan buah cheri.

14. Mie



Mul Naengmyeon dengan mandu
  • Naengmyeon (냉면; Korea Utara: 랭면, Raengmyŏn; “mie dingin”): mie khas Pyeongyang yang biasa dikonsumsi pada musim panas. Terdapat banyak jenisnya, umumnya mie tipis yang terbuat dari tepung buckwheat (jenis gandum), dihidangkan dengan kuah tulang sapi, ditambah macam-macam bumbu, sayuran, telur rebus dan daging sapi. Naengmyeon jenis ini disebut juga mul naengmyeon (naengmyeon air) untuk membedakannya dengan Bibim Naengmyeon, yang tidak berkuah, namun dicampur dengan gochujang yang pedas lalu dililit seperti sate. Variasi lainnya adalah mulhoe naengmyeon atau naengmyeon dengan makanan laut.
  • Japchae (잡채): tumisan dangmyeon. Dangmyeon (bihun) terbuat dari tepung kentang, lalu dimasak dengan sayuran, daging sapi dan bumbu rempah-rempah, kadang-kadang juga divariasikan dengan tambahan makanan laut contohnya haemul japchae (japchae gurita).
  • Jajangmyeon (자장면): mie saus kacang kedelai hitam yang sangat digemari di Korea. Asalnya adalah mie khas Beijing (RRT) yang diadaptasikan dengan cita rasa Korea.
  • Kalguksu (칼국수): mie tipis dengan kuah ikan tuna dan sayuran.
  • Ramyeon (라면): mie ramen khas Korea, namun agak berbeda dengan ramen dari Jepang. Ramyeon Korea dapat pula berarti mie instan yang dijual kemasan. Ramyeon dimasak dengan kuah yang sangat pedas dan biasanya ditambah sayuran, daging atau kimchi .


Thank you everyone! 감사합니다 !! Kamsahamnida !! :D

6 komentar:

  1. ANDA BUTUH IJAZAH UNTUK MENCARI KERJA - MELANJUTKAN KULIAH - KENAIKAN JABATAN ?!?!
    KAMI JASA PEMBUATAN IJAZAH SIAP MEMBANTU ANDA UNTUK MEMENUHI KEBUTUHAN IJAZAH UNTUK BEKERJA ATAU MELANJUTKAN SEKOLAH / KULIAH.
    BERIKUT INI MERUPAKAN JASA YANG KAMI SEDIAKAN :

    - SMU:4.000.000
    - D3 :6.000.000
    - S1 :8.000.000

    * AMAN, LEGAL, TERDAFTAR DI UNIVERSITAS / KOPERTIS / DIKTI, BISA UNTUK MASUK(PNS, TNI, POLRI,BUMN, SWASTA).

    JUGA MELAYANI PEMBUATAN SURAT SURAT PENTING SEPERTI:SIM, STNK, KTP, REKENING BANK, SURAT TANAH, AKTE KELAHIRAN.BPKB, N1, SURAT NIKAH, DLL.

    SYARAT:KTP/SIM,FOTO BERWARNA DAN HITAM PUTIH,UNIVERSITAS YANG DITUJU,IPK YANG DIMINTA(MAX 3,50),TAHUN KELULUSAN YANG DIMINTA,ALAMAT PENGIRIMAN YANG DIMINTA.
    KIRIM KE : 085736927001.ku@gmail.com
    HUB : +6285736927001

    (HANYA UNTUK YANG SERIUS SAJA)

    Nb:Semua manusia berhak meiliki pekerjaan dan pendidikan yang layak,entah dari kalangan atas,menengah dan bawah.Maka dari itu kami ada untuk anda yang mebutuhkan ijazah atau surat-surat penting lainnya.



    www.pembuatanijazah.blogspot.com

    www.jasapembuatanijazahpalsu.blogspot.com

    BalasHapus
  2. Daftar Restoran untuk muslim di korea Selatan
    Silahkan Download:
    http://www.anafile.com/28e6ai3yk7w0.html

    BalasHapus
  3. Nice Info... main-main juga kesini yah : http://goo.gl/YHrDBH

    BalasHapus
  4. makanan korea emang selalu bikin ngiler. selama belom bisa kesana jadi aku nyicip yang di sini aja hehe.

    yang mau makan enak di resto korea halal cek blog-ku boleeh...
    http://pieceofme-lolalolita.blogspot.com/2016/01/makan-enak-cita-rasa-korea-di-jjang.html

    BalasHapus
  5. makanan korea emang enak semua ,jangan lupa untuk kunjungi jasa service kami JASA SERVICE IPHONE IMAC MACBOOK IPADIPOD DI BANDUNG DAN HARGA TERMURAH

    BalasHapus
  6. CONSIGNE / UNDER NAME :
    Tidak memiliki dokumen kelengkapan impor ?
    Mudah, PT.Mahkota Dua Putra memiliki izin impor yang lengkap dan siap menyewakan kepada perusahaan atau perorangan yang membutuhkan izin impor atau disebut juga undername import.
    Apa itu undername import?
    cara Impor Undername yaitu mengimpor barang dari luar negeri dengan meminjam perusahaan lain yang memiliki izin dan terdaftar di pabean.
    Agar proses impor berjalan dengan lancar dan tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan, sebaiknya dipilih perusahaan yang reputasinya baik dan terpercaya, dan perlu dibuat Surat Perjanjian secara tertulis (Surat Indentor) dan jelaskan dalam perjanjian apakah ingin Q/Q atau langsung kepada penerima Undername.
    Kirim penjelasan ke supplier dan nyatakan bahwa perusahaan itu hanya ditunjuk sebagai pelaksanaan impor saja, sehingga tidak terjadi kesalahpahaman.
    Tanyakan ke shiper perihal Proforma Dokument i, e: Packing List, Invoice, Bill of Lading/Air Way Bill, dan kemudian periksa serta konfirmasi dengan perusahaan undername dan jika perusahan undername menyatakan Tidak Masalah, maka barang siap dikirim dan pastikan kepada perusahaan undername siapa pengangkut (freight forwarder) barang tersebut sampai ke pelabuhan di Indonesia.
    Setelah barang sampai ke pelabuhan di Indonesia, maka shipper atau agen forwarder di Indonesia menyiapkan dokumen untuk mendapatkan PIB (Pemberitahuan Impor Barang) dengan sistim EDI/PPJK, lalu membayar bea masuk ke Bank, dan setelah itu hubungi EDI/PPJK untuk mendapatkan respon. Dalam hal ini hasil yang diperoleh ada dua kemungkinan, yaitu:
    1. Jalur Hijau ‘green line’ : Barang langsung dapat keluar setelah dokumennya diperiksa.
    2. Jalur Merah ‘red line’ : Barang perlu diperiksa fisiknya oleh Bea Cukai. Setelah mendapat respon EDI/PPJK, baru mendapat deklarasi impor (NOTUL) dari kantor pabean bahwa barang telah selesai diproses dan barang boleh keluar.
    Jika barang impor mendapat NOTUL (Pajak Pertambahan Nilai), bayar dahulu pajak pertambahan nilai untuk mendapat SPPB (Surat Perintah Pengeluaran Barang) atau deklarasi impor dari Imigrasi.
    Seluruh dokumen impor seperti PIB, Pembayaran Bea Masuk, kopi Air Way Bill, kopi Bill of Lading dan lain-lain diberikan kepada perusahaan undername, sedangkan kopiannya untuk pemilik barang.
    Contac us
    JUN
    jun.import@gmail.com
    WA : 0812 8241 6672

    BalasHapus